Kapan waktu yang tepat melamar pekerjaan?

Estimasi waktu baca: 4 Menit

Berdasarkan data terbaru Badan Pusat Statistik di tahun 2022, setidaknya hampir 14 persen dari penduduk Indonesia merupakan pengangguran yang memiliki gelar diploma ataupun sarjana. Hal ini membuktikan adanya kemudahan informasi lowongan pekerjaan dalam situs-situs pencari kerja secara gratis, tidak menjamin proses rekrutmen berjalan secara efektif apabila calon karyawan tidak tahu kapan waktu tepat melamar pekerjaan. Lalu pertanyaan selanjutnya, kapan waktu yang tepat untuk melamar pekerjaan?

Lebih Banyak Peluang Pekerjaan di Kuarter Pertama 

Saran para ahli, waktu yang tepat melamar pekerjaan adalah di Kuarter Pertama bulan Januari maupun di awal Kuarter kedua yaitu di bulan April. Kris Dunn perusahaan rekrutmen berbasis outsourcing mengatakan Anggaran perusahaan sudah selesai disusun dan para manajer akan fokus mencari pengisi posisi-posisi kosong pada bulan Januari. 

Januari juga dinilai menjadi waktu terbaik untuk mencari pekerjaan berdasarkan The ladders. Pada bulan ini biasanya para karyawan sudah pulang dari libur natal dan tahun baru sehingga memiliki fokus di awal tahun untuk mempekerjakan lebih banyak karyawan untuk mencapai target perusahaan. Selain bulan Januari, Februari, September, Oktober dan November jadi bulan yang direkomendasikan untuk melamar pekerjaan. 

Lalu hari terbaik untuk melamar pekerjaan berdasarkan studi Bright.com yakni di hari Senin ataupun Selasa. Setidaknya 1 dari 3 orang yang melamar pekerjaan pada hari Senin ataupun Selasa sebagian besar lamarannya akan bergerak maju, dikutip the Muse. Sebaliknya apabila kamu mendaftar di akhir pekan besar kemungkinan pekerjaan akan menumpuk dan tidak akan maju ke proses perekrutan selanjutnya. Waktu terbaik dalam mengirim lamaran pekerjaan adalah pukul 10.00-11.00 pagi dan pukul 14.00-15.00. 

Merasa Tidak Ada Progress Hindari Waktu Ini

Hindari melamar pekerjaan pada Kuartal Tiga atau di pertengahan tahun dari bulan Juli Agustus-September. Hal ini dikarenakan perusahaan sudah memfokuskan proses rekrutmen di awal tahun dan bulan-bulan ini menjadi phase penilaian performa hingga promosi yang membuat perusahaan juga akan memfokuskan kepada evaluasi laporan fiskal. Namun menariknya meskipun tidak disarankan untuk mendaftar pekerjaan pada kuartal tiga, banyak dari karyawan memutuskan untuk tidak lanjut bekerja pada phase yang sama apabila mereka tidak mendapatkan promosi ataupun review performa yang diharapkan. 

Hindari juga melamar pekerjaan pada waktu sore bahkan malam hari karena dikhawatirkan lamaran kerja tidak dapat diproses secara efektif melihat jam kerja tim rekrutmen berakhir di sore hari dan akan dimulai kembali pada besok pagi. Jangan lupa untuk dicatat waktu dan periode bulan terbaik untuk mengirimkan lamaran kerjamu. Dengan mengetahui waktu-waktu strategis ini diharapkan dapat memudahkan langkah kalian mendapatkan pekerjaan terbaik.

Di Cekreview.com kamu juga dapat menuliskan ulasan terkait site peluang pekerjaan yang kamu sering gunakan, apabila ada kendala ataupun saran untuk peningkatan fitur website lowongan pekerjaan bisa disampaikan melalui kategori Situs Lowongan Kerja di cekreview.com. Semangat berjuang ya untuk kamu dalam mencari pekerjaan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.