Mengenal Urgensi Skill Gap di Indonesia

Estimasi waktu baca: 4 Menit

Salah satu penyebab dari tingginya angka pengangguran di Indonesia karena besarnya ketimpangan kemampuan atau skill gap antara dunia akademisi dan industri di Indonesia. Sekitar 1 juta lulusan perguruan tinggi menganggur, angka ini berkontribusi 11% terhadap total pengangguran nasional. Berdasarkan catatan Organisasi Perburuhan Internasional atau ILO, skill gap atau kesenjangan keterampilan menjadi tantangan utama yang dihadapi perusahaan di tengah pesatnya inovasi teknologi.

Tanpa adanya peningkatan kompetensi atau pembaharuan keterampilan maka seorang maupun perusahaan akan tertinggal dan kalah dalam persaingan. Suatu kesenjangan antara keterampilan yang dimiliki dengan keterampilan yang dibutuhkan dapat disebut istilah skill gap

Salah satu cara terbaik untuk mengidentifikasi apabila kita memiliki skill gap dengan mengetahui kesulitan menyelesaikan suatu pekerjaan dengan baik karena keterbatasan kemampuan yang kita punya melalui skill gap analysis. Analisa ini untuk mengetahui wawasan seputar kondisi skill perusahaan, kebutuhan terkini hingga cara mengatasi skill gap

Biasanya analisa ini diterapkan langsung dalam sebuah sistem perusahaan, namun kamu secara pribadi dapat melakukan analisis melalui 5 pendekatan: membuat rencana, menetapkan Tujuan, memprediksi perkembangan industri, mengukur keterampilan saat ini hingga melakukan analisis. Skill gap analysis dipercaya dapat memberikan kemudahaan kesuksesan baik untuk perusahaan maupun individu.

Lalu bagaimana cara menjembatani Skill Gap?

Untuk meningkatkan skill perusahaan, langkah bijak yang dapat dilakukan yakni dengan meningkatkan kemampuan pribadi baik melalui program training untuk menambah keahlian khusus. Banyak sekali instansi dan perusahaan mulai menyelenggarakan program bootcamp untuk tim dan karyawannya. 

Program Bootcamp menjadi sebuah program khusus untuk melatih tim agar memiliki keahlian tertentu dengan metode belajar dari trainer, coach dan ahli dalam kurikulum spesifik. Durasi pembelajaran bootcamp tentunya terbilang intensif dapat memakan waktu seminggu atau hingga berbulan-bulan.

Tentu program bootcamp yang diselenggarakan oleh instansi atau perusahaan tidak semua gratis, ada biaya program yang bervariasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda. Untuk memilih program bootcamp atau lembaga keahlian khusus juga membutuhkan strategi dan analisa secara matang khususnya dengan mengacu pada serangkaian review dari para peserta program bootcamp sebelumnya. 

Di cekreview.com, kamu bisa secara aktif mencari ulasan terbaru atau bahkan menulis ulasan terkait pengalaman kamu bootcamp di beberapa lembaga institusi terbaik di Indonesia dengan mengikuti 4 langkah mudah: 

  1. Pilih kategori Kursus Online pada tampilan homepage
  2. Cari nama perusahaan atau lokasi lembaga kursus yang diminati
  3. Apabila tidak menemukan lembaga terkait, kamu bisa klik ‘Ulas Perusahaan yang Belum Terdaftar’
  4. Masuk sebagai reviewer dan melakukan proses registrasi melalui email.

Yuk mulai perjalanan kamu mencari lembaga kursus terbaik untuk mengatasi tantangan skill gap dan menjadi individu berkualitas yang memiliki daya saing tinggi untuk perusahaan melalui platform cekreview.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published.